Pendidikan
adalah suatu usaha sadar untuk menyiapkan,peserta didik agar berperan aktif dan
positif dalam hidupnya sekarang dan yang akan datang, dan pendidikan nasional
Indonesia adalah pendidikan yang berakar pada pencapaian tujuan pembangunan
nasional Indonesia.
Jenis pendidikan
adalah pendidikan yang dikelompokan sesuai dengan sifat dan kekhususan
tujuannya dan program yang termasuk jalur pendidikan sekolah terdiri atas
pendidikan umum, Pendidikan keturunan dan pendidikan lainnya. Sistem pendidikan nasional diatur dalam UU
Sisdiknas tahun 2003.
Meskipun telah
diatur sedemikian rupa, namun pada kenyataanya kita masih belum bisa merasakan
hasil dari aturan-aturan pendidikan tersebut.
Dengan latar
belakang tersebut, penulis merasa tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang
UU sisdiknas tahun 2003 serta kelebihan dan kekurangannya.
1. Mengetahui
UU Sisdiknas Tahun 2003.
2. Kelebihan
dan kekurangan UU Sisdiknas Tahun 2003.
Tujuan penulisan
makalah ini adalah untuk berbagi pengetahuan supaya kita bisa bersama-sama
memajukan pendidikan Indonesia ke arah
yang semakin baik.
Pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,
serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma)
dan bahasa Yunani (sustēma), yaitu suatu kesatuan yang terdiri komponen atau
elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau
energi. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas
yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Sedang menurut beberapa ahli pengertian sistem adalah sebagai berikut :
Menurut LUDWIG VON BARTALANFY sistem
merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatuantar relasi
diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
Menurut ANATOL RAPOROT sistem adalah suatu
kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
Menurut L. ACKOF sistem adalah setiap
kesatuan secara konseptual atau fisik yang terdiri dari bagian-bagian dalam
keadaan saling tergantung satu sama lainnya.
Jadi
sistem pendidikan adalah suatu kesatuan yang membentuk urutan dalam upaya
mengembangkan potensi yang dimiliki oleh peserta didik
untuk lebih lengkap download di sini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar